5 Kiat Memperbaiki Pola Tidur untuk Mahasiswa


Tidak semua orang mampu menyelesaikan studi dengan lancar. Nyatanya, beberapa orang memandang kehidupan perkuliahan sebagai beban. Tugas-tugas yang tidak bisa ditolerir, tanggung jawab yang saling bertubrukan, serta kurangnya waktu tidur sering kali membuat mereka tertekan.

Mengulik masalah tersebut, aplikasi pencari kerja ‘Debut’ mencoba melakukan survei terhadap 1.331 mahasiswa mengenai kebiasaan tidur mereka. Melalui poling tersebut, sebanyak 84% mahasiswa mengaku mengalami kondisi sulit tidur akibat mimpi buruk terkait perkuliahannya. Mimpi-mimpi tersebut biasanya menggambarkan kondisi terlambat, tidak bisa hadir, atau tidak bisa menyelesaikan ujian.

Akibatnya, 41% mahasiswa yang berpartisipasi dalam poling itu mengaku tertidur saat kuliah atau seminar setidaknya satu kali.

Ahli Fisiologi Tidur dan Direktur Sleepyhead Clinic, Stephanie Romiszewski mengungkapkan, hal-hal yang biasa dilakukan para mahasiswa untuk mencoba tertidur seperti dilansir dari Times Higher Education.

1. Menggunakan mode "shift malam" pada ponsel untuk mengurangi asupan cahaya


Banyak mahasiswa yang mengatur ponsel ke mode malam dan tetap memainkannya. Padahal, semua jenis cahaya mengurangi hormon mengantuk kita, meskipun telah menggunakan mode malam. Jauhkan diri dari ponsel, komputer atau televisi untuk tidur dengan cepat.

2. Mendengar musik klasik

Dengarkan musik yang membuat kita relaks, dan tidak meningkatkan detak jantung. Jangan lupa atur waktu untuk mematikan musik ketika kita sudah tertidur.

3. Olahraga

Meskipun terdengar aneh, olahraga dapat membantu tidur cepat dan mengurangi kecemasan. Yang perlu dicatat, jangan lakukan olahraga sesaat sebelum tidur. Berolahragalah pada pagi hari akan meningkatkan kualitas tidur pada malamnya.

4. Menulislah

Untuk membersihkan isi kepala, menulislah. Cobalah untuk melakukan ini satu jam sebelum tidur. Jika perlu, buat daftar tugas yang realistis dan dapat dicapai untuk hari berikutnya.

5. Menggunakan aplikasi seluler seperti Headspace/Sleepcycle

Aplikasi ini memang mampu membuat kita relaks, tetapi tidak akan efektif bila digunakan hanya semalam. Cobalah memandang aplikasi ini sebagai gaya hidup yang dapat mengubah sedikit demi sedikit diri kita menjadi pribadi yang tenang, sampai kebiasaan tidur berubah total. Hindari aplikasi yang dapat merekam aktivitas tidur kita. Bila hasilnya tidak sesuai harapan, aplikasi ini malah akan menambah kecemasan.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget