5 Tips Cari Kerja untuk Lulusan Baru


Lulus dari universitas merupakan suatu capaian tersendiri. Pasalnya, tidak mudah melalui berbagai semester beserta tugas-tugas yang dibebankan. Bila kamu telah melalui itu semua, selamat!

Usai lulus-lulusan, hidup masih terus berlanjut. Target sudah berubah, yaitu mendapat pekerjaan. Mendapat pekerjaan bagi lulusan baru memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, kamu akan bersaing dengan para profesional di luar. Jangan takut, teguhkan kepercayaan dirimu. Berikut tips yang bisa kamu ikuti untuk mencari pekerjaan sebagaimana dinukil dari Time.

Kembangkan soft skill-mu

Tentu saja keterampilan dan pengalaman merupakan hal yang hebat. Tetapi kebanyakan perusahaan mencari karyawan dengan soft skill yang mumpuni seperti kemampuan berkomunikasi. Cara terbaik untuk mengembangkan soft skill adalah menjadi mandiri. Dengan menjadi mandiri, kamu akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan banyak berinteraksi dengan orang lain di luaran sana. Sebab, berinteraksi lewat daring saja tidak cukup.

Cari lowongan dengan setiap sumber yang ada
Kini, banyak mahasiswa dan para profesional yang mencari lowongan kerja melalui jejaring sosial seperti Facebook atau Linked In, dan sejenisnya. Tidak ada yang salah dengan itu. Kamu juga memiliki peluang besar direkrut dari situs-situs pencari kerja tersebut. Tetapi, jangan fokus untuk mengirim lamaran lewat online saja, cobalah segala cara yang bisa kamu lakukan. Seperti melalui e-mail, personal, atau datangi setiap kantor.

Fokus pada pekerjaan yang kamu sukai

Memiliki tingkat fokus pada pekerjaan yang kamu senangi akan membentuk keterampilan kamu. Misal, kamu suka menulis dan melamar pekerjaan di bidang ini, secara tidak langsung kamu telah memiliki pengalaman di bidang ini. Fokus ini juga mengantarkan kamu pada wawancara kerja yang sukses. Mengapa? Ketika kamu senang di bidang yang kamu lamar, kamu akan lebih siap menghadapi wawancara kerja.

Siapkan diri sebelum wawancara kerja

Setelah kamu mengirim CV ke berbagai perusahaan, langkah selanjutnya adalah wawancara kerja. Tentu saja, langkah ini sangat menentukan apakah kamu berhasil direkrut atau tidak. Lakukan riset perusahaan kecil-kecilan melalui situs mereka atau latihanlah untuk menjawab pertanyaan kerja sebelum menghadiri wawancara kerja.

Miliki pola pikir kewirausahaan

Perusahaan biasanya memilihi karyawan yang memiliki pola pikir seorang wirausaha. Pasalnya, wirausaha kerap kali memiliki ide-ide kreatif dan inovasi yang baik bagi perusahaan. Dalam artian, tidak peduli apakah kamu seorang profesional atau lulusan baru, yang penting kamu mempunyai gagasan yang inovatif dan kreatif bagi perkembangan perusahaan.

Selamat mencoba!

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget